Rabu, 11 April 2012

COCOMO [Constructive Cost Model] atau (Model Biaya Konstruktif)

Definisi COCOMO [Constructive Cost Model]

COCOMO, atau Model Biaya Konstruktif adalah Algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh "Barry Boehm" . Model ini menggunakan dasar regresi formula, dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek proyek saat ini.

COCOMO merupakan model terbuka sehingga semua detail dapat dipublikasi, termasuk :
• Dasar persamaan perkiraan biaya
• Setiap asumsi yang dibuat dalam model
• Setiap definisi
• Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit.

Konstanta COCOMO
Penggolongan suatu proyek perangkat lunak didasarkan pada sistem aplikasi dimana perangkat lunak tersebut dikembangkan dan lingkungan pendukungnya.

Model COCOMO ditetapkan untuk tiga kelas proyek PL :

1. Mode organik – proyek PL yang sederhana dan relatif kecil di mana tim kecil dengan

pengalaman aplikasi yang baik.
2. Mode semi-detached – proyek PL menengah 9dalam ukuran dan kompleksitas) di mana
tim dengan pengalaman pada tingkat tingkat yang berbeda-beda harus memenuhi bauran
yang kurang kuat dari syarat yang ketat (misalnya sistem pemrosesan transaksi dengan
syarat tertentu untuk PK terminal dan PL database)
3. Mode embedded – proyek PL yang harus dikembangkan ke dalam serangkaian PK, Pl dan
batasan operasional yang ketat (seperti PL kontrol penerbangan untuk pesawat udara).

Sejarah COCOMO

Cocomo (Constructive Cost Model) yang dikembangkan oleh W. Barry Boehm pada tahun 1981, yang merupakan kombinasi dari estimasi parameter persamaan dan metode pembobotan. Berdasarkan perkiraan instruksi (Instruksi Sumber Terkirim DSI), usaha dihitung dengan memperhatikan usaha baik kualitas dan produktivitas faktor. Pada tahun 1990, muncul suatu model estimasi baru yang disebut dengan COCOMO II. Secara umum referensi COCOMO sebelum 1995 merujuk pada original COCOMO model yaitu COCOMO 81, kemudian setelah itu merujuk pada COCOMO II.

Pada tahun 1997 COCOMO II telah dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 dalam buku Estimasi Biaya COCOMO II Software dengan COCOMO II. adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk mengestimasi proyek pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan lebih banyak dukungan untuk proses pengembangan perangkat lunak modern, dan basis data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan malam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan komponen software off-the-rak. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.

Jenis - jenis COCOMO :

  1. Basic (COCOMO I 1981)
    Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of Code)
    Pengenalan Cocomo ini diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor Boehm, melakukan riset dengan mengambil kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk membuat model matematisnya.
  2. Intermediate (COCOMO II 1999)
    Menghitung dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yang berpengaruh langsung kepada proyek), seperti: perangkat keras, personal, dan atribut-atribut proyek lainnya. Selain itu pada jenis ini, COCOMO mempergunakan data-data historis dari proyek-proyek yang pernah menggunakan COCOMO I, dan terdaftar pengelolaan proyeknya dalam COCOMO database.
  3. Advanced
    Memperhitungkan semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers” dari setiap fase (analisis, desain, implementasi, dsb) dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak.

1 komentar: