Senin, 18 April 2011

Benteng buton ternyata benteng paling luas sedunia loh..?

Pada 2 tahun yang lalu tepat nya tanggal 29 maret 2009 aku pergi berlibur kerumah nenek yang berada di kendari,sulawesi tenggara bersama tante dari mama 3 hari sesampainya aku disana kami diajak pergi kerumah saudara papa yang ada di pulau bau-bau karena tante dari mama ku harus cepat-cepat pulang ke jakarta maka aku,mia saudara sepupu ku,om dan tante ku pergi ke pulau bau-bau untuk berkunjung kerumah saudara disana maka kami harus naik kapal laut untuk menyebrang ke sana kami pun berangkat jam 7 pagi dari pelabuhan kendari karena waktu tempuh menyebrang dengan kapal adalah 4 jam jam 11.30 kami sampai dipelabuhan bau-bau dan kami pun dijemput sanak saudara yang ada dibau-bau setelah kami dibawa kerumah saudara untuk menyimpan barang-barang bawaan kami aku,mia saudara sepupu ku dan om ku pun pergi berjalan-jalan ke daerah kraton bau-bau yaitu ;

Benteng yang merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton ini memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur/gunung. Benteng yang berbentuk lingkaran ini dengan panjang keliling 2.740 meter dan luas ± 23 Ha. Benteng terluas di dunia ini memiliki 12 pintu gerbang yang disebut Lawa dan 16 emplasemen meriam yang mereka sebut Baluara. Karena letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya.

Dari tepi benteng yang sampai saat ini masih berdiri kokoh anda dapat menikmati pemandangan kota Bau-Bau dan hilir mudik kapal di selat Buton dengan jelas dari ketinggian, suatu pemandangan yang cukup menakjukkan. Selain itu, di dalam kawasan benteng dapat dijumpai berbagai peninggalan sejarah Kesultanan Buton.

Ini adalah beberapa koleksi foto aku & mia saudara sepupuku :

1. Saat kami berfoto di meriam (baluara) yang sudah tua.

2. Foto di benteng pertahanannya.

3. Beberapa pintu terowongan untuk dapat masuk kedalam Benteng.

4. Ini juga sama.

Banyak hal yang masih ingin ku ceritakan tetapi foto-foto yang ditampilkan aku rasa cukup untuk menggambarkan suasana yang ada disana.

Terima kasih semoga pengalaman liburan ku ini dapat memberikan kesan dan pesan untuk kalian semua.